MAKALAH SURPLUS DESA DAN KOTA

Surplus desa
1.     
Padi

Dari pantauan Kompas, panen raya telah berlangsung di beberapa daerah meskipun masih belum merata, Sabtu (14/3). Puncak panen raya diperkirakan mulai akhir Maret hingga April. Produksi padi tahun 2014 (ASEM) sebanyak 70,83 juta ton gabah kering giling (GKG) atau mengalami penurunan sebesar 0,45 juta ton (0,63 persen) dibandingkan tahun 2013. Penurunan produksi padi tahun 2014 terjadi di Pulau Jawa sebesar 0,83 juta ton, sedangkan produksi padi di luar Pulau Jawa mengalami kenaikan sebanyak 0,39 juta ton. Penurunan produksi diperkirakan terjadi karena penurunan luas panen seluas 41,61 ribu hektar (0,30 persen) dan penurunan produktivitas sebesar 0,17 kuintal/hektar (0,33 persen).
2.      jagung

Produksi jagung tahun 2014 sebanyak 19,03 juta ton pipilan kering atau mengalami kenaikan sebanyak 0,52 juta ton (2,81 persen) dibandingkan tahun 2013. Kenaikan produksi jagung tersebut terjadi di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa masing-masing sebanyak 0,06 juta ton dan 0,46 juta ton. Kenaikan produksi terjadi karena kenaikan luas panen seluas 16,51 ribu hektar (0,43 persen) dan peningkatan produktivitas sebesar 1,15 kuintal/hektar (2,37 persen).

3.      susu sapi perah








Kita ambil contoh di daerah pujon. Produksi susu sapi khusus dikelola oleh Koperasi Susu SAE yang didirikan tahun 1962 selain berperan sebagai koperasi peternak. Produk susu sapi asal Pujon dikirim ke perusahaan susu sapi Nestle di Pasuruan. Menurut Koperasi Susu SAE, produksi susu tahun 2009 sebanyak 99,4 liter per hari yang dihasilkan 24.248 ekor sapi. Berbagai produk pertanian dan susu sapi merupakan oleh-oleh khas daerah setempat.
4.      Cabe

Temanggung (ANTARA News) - Produksi cabai nasional mencapai 855.000 ton per tahun atau 56.000 ton lebih banyak dari total kebutuhan sekitar 799.000 ton per tahun, kata Menteri Pertanian Suswono.

"Namun harus disadari bahwa memang ada bulan-bulan tertentu, khususnya pada musim hujan, produksi cabai kurang bagus. Hal itu yang menjadikan produksinya pada bulan tertentu memang kurang dari kebutuhan atau konsumsi," katanya di Temanggung, Selasa.


5.      Sayur mayur

KARANGPLOSO- Desa Donowarih Kecamatan Karangploso terletak di dataran tinggi yang memilki lahan subur. Kondisi lahan yang subur itulah, membuat berbagai aneka tanaman hijau tumbuh subur, salah satunya sayur-mayur dan buah-buahanya.
Di desa tersebut terkenal akan sayur sawi, lombok dan tomat. Sedangkan buah-buahan yang berpotensi tumbuh, yakni buah apel dan buah jeruk. Kepala Desa (Kades) Donowarih Sujoko menjelaskan, mayoritas warganya bercocok tanam sayuran. Untuk itu, menjadi petani sayuran adalah pilihan hidup yang dipilih oleh masyarakat Desa Donowarih.

6.      hasil laut


ikan sebagai sumber protein, Sebagai  negara  kepulauan,  Indonesia  memiliki potensi  sumberdaya  perikanan yang sangat besar.  Sumbangan  PDB  perikanan  Indonesia  tidak dapat  dipisahkan  dari perkembangan  perikanan budidaya, yang tumbuh secara  signifkan  dari  tahun ke  tahun.    Ketika  perikanan tangkap tumbuh hanya sekitar 25% dalam 9 tahun antara  tahun  2000-2008, produksi perikanan  budidaya  telah melonjak  hampir  mencapai  400%  pada periode yang sama.


7.      Perkebunan teh dan kopi

Indonesia tercatat sebagai pemasok utama produk teh dan kopi di Malaysia dengan pangsa pasar yang terus meningkat, di mana nilainya kini mencapai hingga ratusan juta ringgit dalam setahun.
Dari data yang dihimpun menunjukkan bahwa tren ekspor teh dan kopi asal Indonesia ke negara ini terus meningkat dengan nilai yang cukup menggembirakan.
Berdasarkan data ekspor teh Indonesia ke Malaysia, pada 2013 mencapai 57,96 juta ringgit (Rp200 miliar) dan ekspor kopi senilai 281,22 juta ringgit (Rp973 miliar).

8.     Tenun di indonesia

Pembuatan kain tenun ini umum dilakukan di Indonesia, terutama di daerah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.Biasanya produksi kain tenun dibuat dalam skala rumah tangga. Beberapa daerah yang terkenal dengan produksi kain tenunnya adalah Sumatera Barat, Palembang, dan Jawa Barat. Tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Dengan kata lain bersilangnya antara benang lusi dan pakan secara bergantian. Kain tenun biasanya terbuat dari serat kayu, kapas, sutra, dan lainnya.



Surplus kota
1.garmen

Kebutuhan manusia kepada sandang atau pakaian memang tidak bisa dipisahkan, apalagi dewasa ini gaya hidup sejajar dengan pakaian apa yang di kenakannya. Oleh karena itu produksi pakaian pada kota kota industri memang “gak ada matinya”, seperti di kota bandung yang terkenal sebagai pusat berbagai produksi garmen di indonesia.










2. makanan atau minuman ringan

Industri Makanan dan Minuman memiliki peranan penting dalam pembangunan sektor industri khususnya memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) industri non migas yang mencapai 35,43%pada tahun 2013. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian terus melakukan pengembangan industri makanan dan minuman terutama untuk memenuhi pasar dalam negeri. Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat pada acaraPeletakan Batu Pertama Pabrik Minuman Ringan Berkarbonasi PT. Multi Bintang Indonesiadi Mojokerto, Jawa Timur, Jumat – 17 Januari 2014.
3. produksi handphone

Jakarta -Industri telepon seluler (ponsel) di Indonesia kini mulai berkembang. Tahun ini sudah ada 2 pabrik yang mulai memproduksi ponsel jenis smartphone yakni Axioo dan Polytron. 

Sebelumnya Polytron merancang dan mengembangkan produk-produk ponsel di China karena industri komponen dalam negeri yang belum mampu memasok. 

"Sudah (produksi), ada 1 lagi selain Polytron yaitu Axioo," kata Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat saat ditemui selepas memberikan arahan pada Rapat Kerja Kementerian Perindustrian, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (6/2/2014).











4. produksi kendaraan / transportasi

Indonesia harus memproduksi mobil global, yang dapat diekspor ke seluruh negara di dunia untuk mengantisipasi penurunan ekspor pada tahun-tahun mendatang.

"Tahun depan, ekspor kita akan 'drop' karena jenis mobil ekspor kita itu tingkat efisiensi penggunaan bahan bakarnya rendah, sementara beberapa negara di dunia ingin mobil efisien," kata Direktur Alat Transportasi Darat IUBTT Kemenperin Soerjono di Jakarta, Kamis.




5.  produksi sepatu


Jakarta (ANTARA News) - Menperin resmikan pabrik sepatu PT Changshin Reksa Jaya di Garut, yang akan memproduksi sepatu merek Nike dengan nilai investasi sebesar 60 juta dollar AS.

“Kami sangat memberikan apresiasi atas investasi PT Changshin Group. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan ekspor non migas dan peningkatan penyerapan tenaga kerja nasional," kata Menperin Saleh Husin melalui Siaran Pers yang diterima di Jakarta, Senin.

sumber : (ANTARA News), Kompas.com
Share on Google Plus

About mohamad ribut asmara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment