MAKALAH KECAMATAN DONOMULYO . SOSIOLOGI KOTA DAN DESA



MAKALAH SOSIOLOGI KOTA DAN DESA
”KECAMATAN DONOMULYO”
Untuk Memenuhi Tugas Sosiologi Kota dan Desa Kelas D
Dosen Pengampu Drs. Basuki I., M,MPd


Disusun Oleh :
M. Ribut Asmara           1411046 - AN


           






STISOSPOL WASKITA DHARMA MALANG
Jl. Hamid Rusdi III Malang, Telp (0341)323678
2015


KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-NYA kepada kita semua sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah ini dengan lancar. Tujuan penulis menyusun makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Sosiologi Kota dan Desa membahas mengenai seluk beluk kecamatan donomulyo dan lingkungannya, baik sosial budayanya maupun perkembangannya. Penulis mengambil judul makalah “Kecamatan Donomulyo” karena selain sebagai bahan promosi desa penulis juga untuk memperdalam pengetahuan penulis maupun pembaca mengenai desa donomulyo tercinta.
            Dalam makalah ini menjelaskan tentang periwisata yang ada di desa donomulyo kabupaten Malang. Kemudian juga menjelaskan sejarah maupun kebudayaan desa donomulyo.
Tidak lupa penulis juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah turut serta membantu penyelesaian makalah ini yang berupa materi maupun nonmateri. Adapun pihak-pihak tersebut adalah :
1)      Allah SWT sebagai sumber kekuatan dan inspirasi penulis
2)      kedua orang tua penulis yang selalu mendoakan dan mendorong untuk terus belajar
3)      Bapak Drs. Basuki I., M,MPd selaku dosen matakuliah Sosiologi Kota dan Desa yang sudah memberikan banyak ilmu kepada penulis
4)      teman-teman yang sudah mendukung penulis
5)      serta pihak-pihak lain yang tidak bisa penulis sebutkan semua.
            Namun, penulis sebagai manusia biasa yang tidak pernah luput dari kesalahan. Penulis sudah melakukan yang terbaik. Demikian juga terhadap makalah ini yang masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi perbaikan makalah ini untuk menjadi yang lebih baik ke depannya.


Malang, 17 April 2015
Hormat saya,

Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................................................... ii
DAFTAR ISI..................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.................................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah............................................................................................... 1
C.     Tujuan................................................................................................................. 1

BAB II PEMBAHASAN
A.    GEOGRAFI DONOMULYO........................................................................... 2
B.     PEMERINTAHAN DONOMULYO................................................................ 3
C.     PEKERJAAN MASYARAKAT....................................................................... 4
D.    PARIWISATA................................................................................................... 5
E.     BUDAYA DESA............................................................................................... 8
F.      PERKEMBANGAN PENDIDIKAN............................................................... 9
G.    MAKANAN KHAS DONOMULYO............................................................... 11

BAB III PENUTUPAN
A.    Kesimpulan......................................................................................................... 12

DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................... 13


BAB I
PENDAHULUAN

A.                LATAR BELAKANG
Perkembangan zaman dewasa ini mengikis pengetahuan para pemuda untuk peka terhadap keadaan dan potensi daerah pedesaan , oleh karena itu saya mengangkat desa donomulyo agar para pembaca khususnya mahasiswa mampu mengembangkan potensi daerah pedesaan agar mampu mendongkrak daya saing perekonomian dengan kawasan kota.
B.                 RUMUSAN MASALAH
1.      Seperti apa gambaran umum kecamatan donomulyo?
2.      Seperti apakah kebudayaan yang lestari di donomulyo
3.      Dimana pariwisata unggulan donomulyo?
4.      Bagaimana perkembangan pendidikan di donomulyo?
5.      Donomulyo mempunyai makanan khas apa saja?
C.                TUJUAN
1.      Mengetahui gambaran umum mengenai kecamatan donomulyo
2.      Bisa mengetahui kebudayaan yang berkembang di donomulyo
3.      Mengetahui tempat pariwisata unggulan di donomulyo
4.      Mengetahui perkembangan pendidikan di donomulyo
5.      Mengetahui berbagai makanan khas desa donomulyo










BAB II
PEMBAHASAN

DONOMULYO – MALANG

A.    GEOGRAFI DONOMULYO

Terletak di sebelah selatan kota Malang ± 48 Km dari kota Malang atau 1,5 – 2 jam perjalanan sepeda motor, kecamatan saya  merupakan daerah geografis pegunungan kapur, lembah dan perbukitan dan diakhiri oleh pantai laut Selatan di sebelah selatan, daerah saya yang sebagian besar wilayahnya merupakan Kars (pegunungan kapur) menyebabkan air di beberapa tempat sulit didapat dan kebanyakan sumur dengan kedalaman sepuluh meter lebih. Sebelah utara berbatasan dengan kecamatan Kalipare yang terkenal dengan Karang Kates atau Bendungan Sutami,  sebelah timur berbatasan dengan kecamatan Pagak dan sebelah barat berbatasan dengan kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Wilayah Kecamatan Donomulyo mempunyai luas 19.259 Ha atau 19259 Km2 terdiri dari 10 Desa 39 dusun dengan ketinggian kurang lebih  480  m Dpl, dan yang istimewa adalah 6 dari 10 desa merupakan kawasan pantai selatan jawa.



B.     PEMERINTAHAN DONOMULYO

Gambar diatas merupakan pendopo dan juga gedung kantor camat kecamatan donomulyo, disamping kanan pendopo merupakan merupakan kantor polisi Polsek Donomulyo.

DONOMULYO, (19/03) Bapak Camat Drs. Mardiyanto, membuka rapat dalam rangka Rapat Koordinasi Bulanan yang selalu menjadi rutinitas Bapak Camat dan beberapa Pejabat Leading Sector yang menangani hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pemerintahan yang ada di Kecamatan Donomulyo.
Peserta dari Rakor tidak lain adalah para Kepala Desa, Sekdes, Danramil, BPD dan Para Tokoh Masyarakat. Adapun pembahasan dalm rakor tersebut antara lain pembahasan tentang PBB, RPJMDES, APBDES, dan pembahasan masalah laporan yang harus tepat waktu. Dengan adanya Rakor, maka masalah-masalah desa dapat tersolusikan, karena secara tidak langsung pihak Kecamatan selaku perpanjangan tangan dari Kabupaten dapat meninjau langsung kondisi Desa, minimal dapat memberikan informasi kepada semua kepala desa setiap bulannya. Kendala-kendala yang dihadapi didesa pun dapat terselesaikan sedikit demi sedikit.
Daftar Desa Atau Kelurahan
1.      Tulungrejo
2.      Banjarejo
3.      Kedungsalam
4.      Tlogosari
5.      Tempursari
6.      Mentaraman
7.      Donomulyo
8.      Purworejo
9.      Sumberoto
10.  Purwodadi

C.    PEKERJAAN MASYARAKAT
Sebagian besar tetangga saya adalah petani musiman (petani padi, tebu, jagung, kelapa, ketela pohon, kedelai) seperti halnya sekarang ini merupakan musim panen padi dan juga jagung, sedangkan ketela biasanya pada bulan agustus atau september. Sebagian diataranya menjadi pegawai negeri, pedagang dan sebagian kecil merupakan nelayan. Justru tidak sedikit pula diantaranya yang menjadi TKI ke Luar Negeri (Hongkong, Taiwan, Singapura dan Korea) yang paling diminati adalah hongkong. Dengan kekayaan alamnya yang dekat dengan hutan adapula beberapa kelompok masyarakat yang berbisnis tebas kayu millik masyarakat, dan yang paling banyak merupakan kayu jati ataupun sono keling. Selain pekerjaan di atas adapula masyarakat dari dusun tempursari yang menggantungkan kehidupan mereka dengan bisnis makanan ringan seperti  marning kedelai, marning jagung, maupun kripik singkong. Dengan kebiasaan masyarakat yang bisa dibilang konsumtif, banyak pemuda yang melihat peluang untung berdagang sayuran yang mana mereka beli sayur di pasar kemudian di jual kembali dengan rombong di motor keliling kampung-kampung. Donomulyo juga terkenal dengan para pembuat bakso yang rasanya juara, tak ayal sehari bisa ada 3 (tiga) sampai 5(lima) orang berbeda jual bakso lewat depan rumah. Berbeda dengan kota yang banyak gedung menjulang tinggi Donomulyo yang merupakan daereah dataran rendah sekaligus dekat pantai tak asing lagi jika dimana mana anda akan melihat pohon kelapalah yang menjulang tinggi pun berbuah lebat. Oleh karenanya donomulyo juga memasok kebutuhan kelapa tua maupun muda untuk memenuhi kebutuhan di koto, juga kebutuhan janur kuning di bali donomulyo ikut memasoknya, maka dari itu sudah tidak aneh lagi jika rt atu rw ada yang tebas kelapa maupun janur. Dan profesi yang diminati banyak masyarakat beberapa tahun lalu ialah menjadi petani tembakau, untuk memasok kebutuhan tembakau pabrik rokok yang menjadi mitra kerjanya.
D.    PARIWISATA
Donomulyo merupakan kecamatan paling selatan kabupaten malang dan berbatasan langsung dengan laut selatan jawa, sehingga tak perlu diragukan banyaknya tempat pariwisata yang yang menjual keindahan pantainya, berikut beberapa pantai yang terkenal di Donomulyo :
1.      Pantai ngliyep
Pantai nan elok dan kental akan kebudayaan kejawennya ini terletak di desa kedungsalam, di pantai ngliyep sudah ada penginapan yang bisa disewa untuk menginap(bila berani), luas areal Taman Wisata Pantai Ngliyep kurang lebih 10 Ha yang mana terdiri atas hutan lindung, areal wisata pantai, penginapan, dan lahan parkir. Jalur yang bisa ditempuh untuk sampai di pantai ini antara lain:

Jika dari kota malang melewati kepanjen keselatan melewati bendungan sengguruh, pagak, ngliyep. Atau dari kepanjen ke barat melewati karangkates(bendungan sutami), kalipare, donomlyo, ngliyep.

Pantai ngliyep mempunyai spot andalannya yaitu :
a.       Gunung Kombang, merupakan salah satu pulau yang terletak di bibir pantai ngliyep dan bentuknya yang menyerupai kumbang menjadi alasan namanya, di tempat ini merupakan tempat untuk ritual mistis yang diyakini tempat untuk bertemu ratu pantai selatan atau nyi roro kidul, banyak juga yang menjadikan tempat ini untuk mencaro pesugihan, selain itu gunung kombang mempunyai atraksi wisata yang merupakan acara khas tradisional yang dilaksanakan setiap tahunnya yang bertepatan dengan tanggal 12 Maulud (bulan Jawa) yaitu upacara Labuhan. Upacara ini dilakukan oleh masyarakat Desa Kedungsalam dengan membawa sesaji beraneka ragam dan diiringi oleh Reog (jaranan) serta para pengawal yang mengenakan pakaian adat. Sesaji yang telah dibawa tadi diarak menuju Gunung Kombang yang berjarak kurang lebih 300 m melalui jembatan penyeberangan dari pesanggrahan Ngliyep.







2.      Pantai Jonggring Saloko
Pantai ini terletak pada desa mentaraman , ada dua tempat menarik perhatian pengunjung pertama yakni "Ngebros" adalah suatu tempat yang terdapat karang yang terdapat lubang besar, yang mana ketika ombak besar menghantamnya akan terjadi semburan air laut yang tinggi ke angkasa

 kemudian "Pantai Pasir Hitam", dipantai ini anda akan melihat hamparan pasir disepanjang pantai yang berwarna hitam pekat dan pasirnya halus lembut. Pada awal dibukanya pantai Jonggring Saloka, terdapat upacara labuhan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Muharam sore atau malam bulan purnama (15 Suro). Acara berupa larung sesaji ke laut.



















E.BUDAYA DESA
1. Campursari
     Campursari sebuah seni musik gending jawa yang ciri khas nya ada gamelan,penthungan, dan beberapa alat musik jawa dan gabungan dari alat musik modern seperti gitar dan piano itu semua menjadikan seni tradisional yang di namakan campursari.

  Donomulyo. pada hari Rabu tanggal 05 Pebruari 2014 di Desa Purwodadi Kecamatan Donomulyo mengadakan tasyakuran selesainya pembanguna jalan rabat beton yang dibiayai PPIP dengan volume 2 x 1.600 M di Dukuh Purworejo Kidul Desa Purwodadi dengan hiburan campursari dan jaran kepang
  2. Jaranan
Seni tradisional yang menceritakan jaman dahulu bagaimana dalam peperangan dan yang sering jaranan itu di perankan anak kecil untuk berjoget dan menunggang kuda buatan untuk berjoget dan tak lepas dengan tangan kananya ada pecut istilah orang jawa dan di iringi musik tradisional khas jawa.
 



F.     PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI DONOMULYO
Data sekolahan sekecamatan Donomulyo






Donomulyo, pada hari Senin tanggal 20 Januari 2014 Camat Donomulyo (TITO FIBRIANTO HP, S.Sos.MAP) menerima pengabdian masyarakat mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.
Tempat kegiatan di 8 (delapan) desa yaitu: Desa Sumberoto, Purworejo, Mentaraman, Tempursari, Kedungsalam dan Desa Banjarejo Kecamatan Donomulyo.




G.    MAKANAN KHAS DONOMULYO
1.      Nasi Tumpeng
Nasi tumpeng memang sudah terkenal di indonesia khususya kebudayaan jawa, oleh karena itu hampir disetiap acara misal tasyakuran, ulang tahun, dll. Nasi tumpeng menjadi menu wajib bagi masyarakat Donomulyo

2.      Nasi Tiwul
            Nasi tiwul atau lebih dikenal dengan nama “sego tiwol” merupakan makanan pokok bagi nenek dan kakek kita pada zaman penjajahan dahulu. Nasi tiwul berasal dari singkong kering atau “gaplek” yang diolah dengan cara gaplek di rendam sampai lembek, kemudian siap di selep atau di tumbuk sampai hancur dan menjadi seperti adonan , setelah itu siap di steam atau di adang sampai matang, sesudah itu dijemur sampai kering agar awet dan bisa langsung dimasak.
Nasi tiwul memang dirasa lebih enak dari nasi putih apalagi lauk semur mujaher yang agak pedes seperti itulah enaknya makanan sederhana dari donomulyo.
BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Kecamatan Donomulyo terletak di sebelah selatan kota Malang ± 48 Km dari kota Malang atau 1,5 – 2 jam perjalanan sepeda motor, kecamatan saya  merupakan daerah geografis pegunungan kapur, lembah dan perbukitan dan diakhiri oleh pantai laut Selatan di sebelah selatan, daerah saya yang sebagian besar wilayahnya merupakan Kars (pegunungan kapur). Pekerjaan masyarakat adalah petani musiman. Sebagian diataranya menjadi pegawai negeri, pedagang dan sebagian kecil merupakan nelayan, ada juga yang menjadi TKI ke Luar Negeri. Tempat pariwisata yang terkenal antaralain : pantai ngliyep, pantai jonggring saloko, dll. Mempunyai makanan khas seperti : nasi tiwul, cenil, gethuk, dll. Kebudayaan yang ada misal : campursari dan juga kesenian jaranan.





DAFTAR PUSTAKA


Share on Google Plus

About mohamad ribut asmara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment