PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DI UNIVERSITAS BERDASARKAN SDGS

PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DI UNIVERSITAS
BERDASARKAN SDGS (Sustainable Development Goals)
Untuk Memenuhi Tugas Administrasi Pembangunan
Dosen Pengampu Drs Daden Faturohman, M.P.A





Disusun Oleh :
M. Ribut Asmara                   ( 14.11.046-AN )




SEKOLAH TINGGI ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (STISOSPOL)
WASKITA DHARMA MALANG
Jl. Hamid Rusdi 111/161, Malang, ( ( 0341 ) 323678
e-mail : waskita_dharma@yahoo.com


KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala berkat,  rahmat, taufik, dan hidayah-Nya yang telah memberikan berkat-Nya sehingga telah selesainya penulisan tugas mata kuliah Administrasi Pembangunan ini yang berjudul “Pendidikan Yang Berkualitas di tingkat Universitas Berdasarkan SDGs”.
Dalam penyusunan tugas ini, penulis meyampaikan terimakasih karena telah memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak.
Penulis menyadari bahwa tugas ini  masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar penulisan tugas ini lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap tugas ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pembaca pada umumnya dan pada penulis pada khususnya.


Malang,   30 Mei 2017

M. Ribut Asmara




DAFTAR ISI

Kata Pengantar.............................................................................................................. i
Daftar Isi....................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG.......................................................................................... 1
1.2. RUMUSAN MASALAH..................................................................................... 1
1.3. TUJUAN............................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1. TUJUAN SDGS................................................................................................ .. 2
2.2. PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DI UNIVERSITAS...................... .. 4
BAB III PENUTUP
3.1. KESIMPULAN................................................................................................. .. 6
3.2. SARAN............................................................................................................. .. 7
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................. .. 8





BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Pendidikan dewasa ini merupakan hak mendasar di dalam nilai kehidupan manusia. Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia karena pada dasarnya manusia dalam melaksanakan kehidupannya tidak lepas dari pendidikan. Implementasi dan pengembangan kajian pendidikan juga harus disesuaikan dengan kondisi serta situasi sosial yang ada di masyarakat. Sebab, pendidikan laksana eksperimen yang tidak pernah selesai sampai kapan pun. Hal ini sejalan dengan pembawaan manusia yang memiliki potensi kreatif dan inovatif.
Di dunia Internasional, kualitas pendidikan di Indonesia berada pada peringkat ke-64 dari 120 negara diseluruh dunia berdasarkan laporan tahunan UNESCO Education For All Global Monitoring Report 2012. Sedangkan berdasarkan Indeks Perkembangan Pendidikan untuk Semua (Education for All Development Index, EDI) Indonesia berada pada peringkat ke-57 dari 115 negara pada tahun 2015. Dalam laporan terbaru program pembangunan PBB tahun 2015, Indonesia menempati posisi 110 dari 187 negara dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan angka 0,684. Dengan angka itu Indonesia masih tertinggal dari dua negara tetangga ASEAN yaitu Malaysia (peringkat 62) dan Singapura (peringkat 11).
Satu hal yang menarik adalah kualitas pendidikan di Indonesia banyak dipengaruhi oleh para ahli pendidikan dari kalangan perguruan tinggi/ Universitas, dari hal ini judul dalam makalah ini adalah Pendidikan Yang Berkualitas Di Tingkat Universitas Berdasarkan SDGs.
1.2. RUMUSAN MASALAH
Dari uraian latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Apa saja tujuan SDGs dalam pendidikan yang berkualitas?
2.      Bagaimana pendidikan yang berkualitas di tingkat universitas?
1.3. TUJUAN
Dari rumusan maslah di atas maka tujuan dari makalah ini adalah :
1.      Untuk mengetahui tujuan dari SDGs pada pendidikan yang berkualitas.
2.      Untuk mengetahui pendidikan yang berkualitas di tingkat unuversitas.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. TUJUAN SDGs DALAM PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS
Tujuan pendidikan akan menjadi tumpuan upaya pemerintah untuk mendorong pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan berkelanjutan dalam era Sustainable Development Goals (SDGs) hingga 2030 berdasarkan arahan dari Forum PBB yang telah disepakati pada tanggal 2 Agustus 2015. Peningkatan pendidikan bagi masyarakat Indonesia akan memacu pencapaian terhadap tujuan dan sasaran lainnya dalam 17 poin SDGs, terutama untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia Indonesia, Sehingga diharapkan peran pendidikan mampu meningkatkan daya saing Indonesia dalam mendukung SDGs 2030.
Berikut adalah tujuan dari pendidikan yang berkualitas menurut SDGs :
-. Memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka diimplementasikan dalam target-target berikut :
1.      Pada tahun 2030, memastikan bahwa semua anak perempuan dan laki-laki menyelesaikan pendidikan primer dan sekunder yang gratis, setara, dan berkualitas, yang mengarah pada hasil belajar yang relevan dan evektif.
2.      Pada tahun 2030, memastikan bahwa semua anak perempuan dan laki-laki mendapat akses terhadap pengembangan masa kanak-kanak secara dini yang berkualitas, juga pengasuhan dan pendidikan pra-dasar agar mereka siap untuk masuk ke pendidikan dasar.
3.      Pada tahun 2030, memastikan akses yang setara bagi semua perempuan dan laki-laki terhadap pendidikan tinggi, teknis dan kejuruan yang berkualitas dan terjangkau, termasuk Universitas.
4.      Pada tahun 2030, secara subtansial meningkatkan jumlah remaja dan orang dewasa yang memiliki keahlian yang relevan, termasuk keahlian teknis dan kejuruan, untuk mendapatkan pekerjaan layak.

5.      Pada tahun 2030, menghilangkan disparitas gender dalam pendidikan dan memastikan akses yang setara terhadap semua tingkatan pendidikan dan training kejuruan bagi mereka yang rentan, termasuk yang memiliki anak-anak yang berada dalam situasi rentan.
6.      Pada tahun 2030, memastikan bahwa semua remaja dan sejumlah orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan mencapai kemampuan baca-tulis dan kemampuan berhitung.
7.      Pada tahun 2030, memastikan bahwa mereka yang belajar mendapatkan pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan berkelanjutan, termasuk antara lain, melalui pendidikan untuk pengembangan berkelanjutan dan gaya hidup yang berkelanjutan, HAM, kesetaraan gender, mendukung budaya perdamaian dan anti kekerasan, kependudukan global dan apresisasi terhadap keberagaman budaya dan kontribusi budaya kepada pembangunan berkelanjutan.
8.      Membangun dan meningkatkan mutu fasilitas pendidikan yang sensitif terhadap gender, anak disabilitas dan menyediakan lingkungan belajar yang aman, tanpa kekerasan, inklusif dan efektif bagi semua.
9.      Pada 2020, secara subtansial memperbanyak jumlah beasiswa yang tersedia untuk negara-negara berkembang, khususnya negara kurang berkembang, negara berkembang kepulauan kecil dan negara-negara afrika, untuk masuk ke pendidikan tinggi, termasuk pelatihan kejuruan dan teknologi informasi dan komunikasi, teknik, program teknik dan sains.
10.  Pada tahun 2030, secara subtansial meningkatkan penyediaan guru-guru yang berkualitas, termasuk melalui kerjasama internasional untuk pelatihan guru di negara-negara berkembang, khususnya negara kurang berkembang dan negara berkembang kepulauan kecil.




2.2. PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DI TINGKAT UNIVERSITAS
Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Kata Universitas berasal dari dari bahasa latin  Universitas magistrotum et scholarium  yang berarti “komunitas guru dan akademis”.
Universitas di indonesia dalam pendidikan indonesia merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi selain akademi, institut, politeknik, dan sekolah tinggi. Universitas terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau pendidikan vokasi pada sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
Berdasarkan uraian di atas dari beberapa target yang akan dicapai oleh oleh tujuan dari SDGs ada beberapa target yang mengkhususkan pendidikan yang berkualitas di tingkat pendidikan tinggi/ universitas. Maka pendidikan di tingkat universitas bisa dikatakan berkualitas jika :
1.      Setiap laki-laki maupun perempuan mendapat akses yang setara terhadap pendidikan tinggi, teknis, kejuruan yang berkualitas dan terjangkau, termasuk universitas.
2.      Hilangnya disparitas gender dalam pendidikan dan akses yang setara dalam semua tingkatan pendidikan.
3.      Banyaknya beasiswa yang tersedia untuk masuk ke pendidikan tinggi.
4.      Tersedianya guru/ dosen pengajar berkualitas.
Secara umum kualitas pendidikan di universitas bisa dilihat dari beberapa faktor diantaranya :
1.      Akreditasi kampus.
Akreditasi sekolah kegiatan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah dan atau lembaga mandiri yang berwenang untuk menentukan kelayakan program dan atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non-formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan., berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, sebagai bentuk akuntabilitas publik yang dilakukan dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan.

2.      Kualitas dosen pengajar.
Salah satu faktor utama yang menentukan kualitas pendidikan di perguruan tinggi adalah mutu dosen yang ada di dalamnya. Pimpinan perguruan tinggi bertanggungjawab terhadap pengelolaannya, karena dosen memiliki peran yang sangat strategis dan penompang utama dalam peningkatan mutu pendidikan di perguruan tingginya.

3.      Penerapan teknologi dalam pendidikan.
Aplikasi teknologi pada pendidikan secara langsung akan mempengaruhi keputusan-keputusan tentang proses pendidikan yang spesifik. Jika semula teknologi pendidikan (dalam arti yang sangat terbatas) dipandang hanya berperan pada taraf pelaksanaan kurikulum di kelas, konsepsi baru menghendaki teknologi pendidikan sebagai masukan (input) bahkan sejak tahap perencanaan kurikulum. Dengan demikian sudah sejak perencanaan kurikulum harus pula dikaji dan ditentukan bentuk teknologi pendidikan yang akan diterapkan.





BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Secara umum tujuan SDGs adalah :
1
Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua anak perempuan dan laki-laki menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah tanpa dipungut biaya, setara, dan berkualitas, yang mengarah pada capaian pembelajaran yang relevan dan efektif
2
Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua anak perempuan dan laki-laki memiliki akses terhadap perkembangan dan pengasuhan anak usia dini, pengasuhan, pendidikan pra-sekolah dasar yang berkualitas, sehingga mereka siap untuk menempuh pendidikan dasar
3
Pada tahun 2030, menjamin akses yang sama bagi semua perempuan dan laki-laki, terhadap pendidikan teknik, kejuruan dan pendidikan tinggi, termasuk universitas, yang terjangkau dan berkualitas
4
Pada tahun 2030, menghilangkan disparitas gender dalam pendidikan, dan menjamin akses yang sama untuk semua tingkat pendidikan dan pelatihan kejuruan, bagi masyarakat rentan termasuk penyandang cacat, masyarakat penduduk asli , dan anak-anak dalam kondisi rentan
5
Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua remaja dan proporsi kelompok dewasa tertentu, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki kemampuan literasi dan numerasi
Pendidikan yang berkualitas di Universitas bisa dilihat dara :
1.      Akreditasi kampus
2.      Kualitas dosen pengajar
3.      Penerapan teknologi pendidikan



3.2. SARAN
Dengan tersusunnya SDGs khususnya pada bidang pendidikan, diharapkan kualitas pendidikan di indonesia bisa meningkat khususnya pada tingkat pendidikan tinggi/ universitas. Saran dari penulis adalah agar setiap universitas di indonesia melakukan pengembangan mutu/ kualitas pendidikan yang dilaksanakan.
Langkah yang bisa diambail adalah dengan melakukan akreditas kampus untuk mengetahui mutu dan nilai dari kualitas kampus. Yang kedua adalah peningkatan mutu dosen pengajar, hal ini karena peran dosen yang sangat strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan di kampus. Dan yang terakhir adalah penerapan teknologi pendidikan agar pengajaran lebih up to date dan penyebaran informasi kepada mahasiswa lebih cepat dan efisien.



DAFTAR PUSTAKA
http://sdgsindonesia.or.id/index.php/sdgs/item/182-tujuan-4-pendidikan-berkualitas
http://nazama.blogspot.co.id/2012/12/mutu-pendidikan-dan-upaya-peningkatannya.html
Share on Google Plus

About mohamad ribut asmara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar: